-->

Perbedaan IMAP dan POP3

Perbedaan IMAP dan POP3

Perbedaan IMAP dan POP3 - Jika bingung dalam memilih settingan protocol IMAP atau POP3 pada email client seperti outlook, windows mail, thunderbird, mailbird dan yang lainnya, maka kita harus tahu terlebih dulu perbedaan IMAP dan POP3.


Pertanyan yang sering muncul dalam setting email client secara manual seperti : Contoh saya akan menambahkan account email pada outlook secara manual. Pada saat masuk menu Choose Service, disana terdapat pilihan yaitu menggunakan cara apa untuk menautkan account email tersebut.


Perbedaan IMAP dan POP3

Untuk memilihnya itu terlebih dahulu baiknya kita mengetahui pengertian, fungsi kegunaan, manfaat kelebihan kekurangan dan perbedaan POP3 atau IMAP itu sendiri, agar kita tahu kebutuhan kita seperti apa.


Pengertian IMAP dan POP3

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah sebuah protokol standar untuk mengakses dan mengambil email dari sebuah server mail. Dengan settingan IMAP memungkinkan client bisa memilih email yang akan di ambil, membuat folder di server ataupun menghapus sebuah email di server. IMAP mempunyai komunikasi dua arah seperti sinkronisasi, contoh jika kita menghapus email di client maka email yang di server pun ikut terhapus.


POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah sebuah protokol standar untuk mengakses dan mengambil email dari sebuah server mail dengan menggunakan sistem seperti penampungan. Jadi jika kita menggunakan settingan POP3 pada email client (misal di outlook) cara kerjanya seperti mendownload email dari server mail dan menyimpannya ke email client. Jika kita menghapus email di client (misal outlook), di server tidak ikut terhapus email tersebut.


Fungsi dan kegunaan IMAP atau POP3

Jika kita mempunyai aktifitas yang mobile dan sering menggunakan banyak perangkat untuk membuka email serta selalu mempunyai koneksi internet, maka baiknya memilih IMAP sebagai settingan email client karena selama data email ada di server mail belum terhapus, maka email tersebut pun masih bisa di buka di perangkat yang kita punyai.


Jika kita hanya menggunakan satu perangkat seperti komputer kantor, baiknya memilih setingan POP3 pada client email karena jika kita sudah mendownload email di server dan kemudian hari email di server itu dihapus, maka kita masih bisa buka email tersebut pada client email.


Perbedaan IMAP dan POP3

IMAP

  • Jika melakukan perubahan pada satu komputer, maka pada email server dan komputer lain akan ikut berubah.
  • Identifikasi email yang belum terbaca sangatlah mudah.
  • Outgoing Email bisa tersimpan secara realtime di email server dan bisa diakses oleh komputer manapun yang menggunakan IMAP.
  • Email server dari komputer dapat diatur secara real time. (menghapus email di komputer client berarti menghapusnya dari email server juga).
  • Terjadinya sinkronisasi secara otomatis dari client dengan server mail
  • Reload email cepat, karena sinkronisasi antara email server dan kompueter selalu terjadi.

POP3

  • Sebelum ditampilkan di client, maka terlebih dahulu email harus di download.
  • Jika menggunakan komputer yang berbeda maka kita harus mendownload lagi dari awal untuk menampilkannya
  • Semua email dan file attachment pada server mail akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari email client.
  • Outgoing Email / email keluar seperti mengirim email hanya akan tersimpan secara lokal di komputer client.
  • Pengaturan email hanya dapat dilakukan di komputer lokal saja
  • Reload email dari email server komputer kamu membutuhkan waktu lumayan lama karena sistemnya download dulu.
  • Email di server akan tetap ada dan harus hapus secara manual atau melalui settingan client.

Perbedaan IMAP dan POP3
Contoh settingan hapus otomatis client email outlook

Kelebihan dan kekurangan IMAP dan POP3

IMAP

Kelebihan settingan IMAP bisa terlihat di perbedaan yang sudah dibahas di atas. Kekurangannya adalah server mail memerlukan kapasitas yang sangat besar untuk menampung email seluruh user client. Jika sampai penyimpanan server mail tidak mencukupi / penuh maka akan terjadi down server mail.


POP3

Kelebihan settingan POP3 adalah bisa stabilnya penyimpanan email di servermail dengan menggunakan fitur auto hapus email delivery pada client contoh seperti gambar diatas (menggunakan outlook). Ini cocok digunakan pada server mail perusahaan yang kapasitas penyimpanannya terbatas.


Kelebihan yang lainnya dalam settingan POP3 contoh outlook adalah, kita masih bisa membuka email dalam posisi offline / tidak menggunakan internet. Kekurangannya adalah load email saat cek email dikarenakan sistemnya download, cepat atau tidaknya tergantung koneksi yang di gunakan.


Demikian perbedaan IMAP dan POP3 yang kita bahas di artikel ini. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar