-->

Apa yang dimaksud dengan vga card ? simak penjelasan lengkapnya

Apa yang dimaksud dengan vga card, apa fungsi vga card, atau masih banyak lagi pertanyaan tentang vga card, maka blog tutorial singkat ini akan membahas penjelasan lengkap mengenai vga card dari pengertian sampai contohnya. Simak penjelasannya di bawah ini.



Apa yang dimaksud dengan vga card ? VGA dalam sebuah komputer atau laptop adalah singkatan dari Video Graphics Array. Video Graphics Array (VGA) banyak disebut juga video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter.



Apa yang dimaksud dengan vga card

Pengertian Video Graphics Array (VGA) adalah
Video Graphics Array (VGA), adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

Kesimpulan dari pertanyaan apa yang dimaksud dengan vga card adalah sebuah perangkat keras (hardware) dalam komputer dan merupakan standar grafis yang berungsi menerjemahkan dan mengolah data keluaran dalam komputer untuk menampilkannya ke monitor.


Pada saat ini Video Graphics Array (VGA) sudah menggunakan Graphic Accelerator chipset yang mempunyai kemampuan akselerasi tiga dimensi (3D) dan terintegrasi pada chipsetnya. Fungsi dari tiga dimensi (3D) ini adalah mengolah data serta menterjemahkan gambar tiga dimensi (3D) secara maksimal dan sempurna. Dengan kemampuan ini akan menyajikan tampilan keluaran gambar tiga dimensi (3D) dengan bentuk yang lebih realistis dan memberikan kesan seperti nyata. Chipset accelerator tiga dimensi (3D) ini dipasang secara terpisah bersama dengan kartu VGA.


Apa fungsi dari vga card

Apa fungsi dari vga card? Fungsi dari vga card adalah untuk menerjemahkan signal digital dari komputer menjadi tampilan grafis ke layar monitor. Fungsi vga card akan terasa saat kita menggunakan komputer atau laptop untuk multimedia, editing ataupun bermain game.


Fungsi Video card antara lain sebagai berikut :
  • Tampilan layar monitor menjadi lebih halus dan jernih
  • Detail grafik akan semakin jelas terlihat
  • Tampilan dalam game untuk gamers menjadi lebih nyata
  • Tampilan keluaran jika menyambungkan pc atau laptop ke TV atau infocus akan menghasilkan kualitas yang baik
  • Dan masih banyak lainnya

Jenis vga card


VGA card On board (VGA internal)

VGA On Board adalah jenis VGA yang umum digunakan pada setiap komputer dan kadang disebut VGA Internal. VGA On-board Ini terletak menyatu didalam motherboard dan tidak dapat dilepas. Cara kerja dari VGA On board yaitu dengan bantuan dari RAM pada komputer karena VGA On board umumnya tidak memiliki memory sendiri. VGA On board akan memakan kapasitas ram bawaan pada sebuah komputer sehingga RAM tersebut kinerjanya terbagi kedalam VGA On board.


Pada umumnya VGA On board ditujukan untuk komputer dengan spesifikasi standar dan digunakan untuk aplikasi standar juga. VGA On board hanya digunakan untuk kinerja komputer yang tidak melakukan aktifitas berat. Jika VGA On board dipaksakan bekerja berat seperti bermain game berat ataupun desain aplikasi berat, maka performa hasilnya pun sangat tidak baik. Efek dampak dari dipaksakannya VGA On board menggunakan kinerja berat adalah seperti game yang patah patah atau tidak merespon, atau juga akan loading lama dan menimbulkan not respond.


Kelebihan VGA On Board
  • Perawatannya mudah
  • Harga terjangkau
  • Cukup untuk dapat menjalankan keperluan standar pada komputer
Kekurangan VGA On Board
  • Berat terhadap grafik kualitas tinggi
  • Tidak support dengan game beresolusi tinggi atau sofware desain editing.
  • Terdapat patah patah atau lag jika membuka aplikasi / game beresolusi tinggi atau misal menonton video dengan kualitas tinggi

VGA Add On / VGA Card (VGA External)

VGA Add-On adalah perangkat keras jenis VGA yang dapat dilepas dan diganti sesuai keinginan, kita bisa upgrade untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. VGA Add-On / VGA Card juga sering disebut dengan VGA Eksternal. Cara kerja VGA Add-On (VGA Eksternal) tidak mengandalkan RAM bawaan pada sebuah komputer. Pada umumnya VGA Add-On (VGA Eksternal) sudah dibekali RAM sendiri sehingga tidak akan mengganggu kinerja RAM komputer itu sendiri.


Dengan VGA Add-On (VGA Eksternal) tentunya komputer dapat melakukan aktifitas berat seperti bermain game beresolusi tinggi ataupun desain editting. Menonton video dengan kualitas HD pun akan terasa lebih ringan dan gambar visual yang ditampilkan pun akan terasa sangat jernih dan jelas. VGA Add-On (VGA Eksternal) dapat bekerja lebih maksimal dibandingkan dengan VGA On-Board.


Kelebihan VGA Add-On
  • Memiliki sistem pendingin terpisah dan menempel pada VGA tersebut
  • Mampu menjalankan grafik 3D dan aktivitas yang berat
  • Bisa diupgrade sesuai kebutuhan
  • Mampu memutar video dengan kualitas tinggi
  • Tampilan gambar menjadi lebih tajam dan jernih

Kekurangan VGA add-On
  • Harga relatif mahal
  • Tidak semua komputer mendukung pergantian VGA Card

Jenis vga card Berdasarkan Arsitektur


VGA ISA

Kartu VGA ISA adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) bus yang masih bersistemkan I/O 8-bit atau 16-bit. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak pernah lagi dipergunakan, karena selain kecepatan transfer datanya sangat lambat, tampilan kehalusan gambar serta kombinasi warna yang dihasilkannya pun juga sangat terbatas. Teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 8-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981, sedangkan teknologi slot ekspansi ISA bus dengan sistem I/O 16-bit pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984.

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

VGA EISA

Kartu VGA EISA adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi EISA (Extended Industry Standard Architecture) bus yang adalah 32-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah tidak pernah lagi dipergunakan, sama seperti Kartu VGA ISA yang memiliki keterbatasan pada kecepatan, kehalusan gambar, serta kombinasi warna yang dihasilkannya. Teknologi slot ekspansi EISA bus dengan sistem I/O 32-bit ini pertama kali dirilis pada tahun 1988 oleh "Gang of Nine" (sebuah konsorsium dari vendor pembuat kompatibelnya IBM PC), dengan nilai tegangannya 5 volt dan 12 volt, kecepatan clock-nya 8,33MHz, dan kecepatan transfernya 32MB/s.

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

VGA PCI

Kartu VGA PCI adalah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus yang adalah 32-bit atau 64-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA jenis ini sekarang sudah jarang sekali dipergunakan, karena adanya keterbatasan pada fitur-fiturnya. Teknologi slot ekspansi PCI bus dengan sistem I/O 32-bit atau 64-bit pertama kali dipakai pada tahun 1993. Ciri-ciri slot ekspansi PCI bus ini adalah bahwa pada bagian depan slot-nya terdapat lekukan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal.

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

VGA AGP

Kartu VGA AGP adalah jenis kartu VGA yang ditancapkan pada slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus yang adalah 128-bit atau 256-bit sistem I/O-nya. Kartu VGA AGP ini awalnya dibuat karena hendak meningkatkan transfer data terhadap memori secara signifikan dari CPU ke perangkat "tampilan" (bahasa Inggris: display), sehingga dengan begitu dibuatlah slot AGP guna memasangkan kartu VGA jenis AGP ini.


Kartu VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang dipergunakan, yaitu: AGP 1x dan AGP 2x dengan nilai tegangan 3,3 volt; sedangkan AGP 4x dan AGP 8x dengan nilai tegangan 1,5 volt; kemudian ada juga AGP Universal. Kartu VGA AGP yang terakhir muncul adalah jenis AGP Pro dengan nilai tegangan 1,5 volt dan 3,3 volt, serta AGP Pro Universal. Ciri-ciri slot ekspansi AGP bus ini adalah bahwa bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah.

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

VGA PCIe

Kartu VGA PCI Express (PCIe) adalah jenis kartu VGA yang dimasukkan pada slot ekspansi PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus yang adalah berangkaian seri sistem I/O-nya, dengan kecepatan transfernya adalah mencapai hingga 32 GByte/s. Slot ekspansi PCIe ini adalah pengembangan selanjutnya dari slot ekspansi PCI sebelumnya, yang memiliki kemampuan luar biasa, dengan nama "PCI Express", yang dirancang guna memasang peralatan-peralatan "antarmuka" (bahasa Inggris: interface) dengan teknologi mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer yang sangat tinggi. Teknologi slot ekspansi PCIe bus dengan sistem I/O berangkaian seri ini pertama kali dipakai pada tahun 2004.


Adapun versi slot ekspansi PCIe yang beredar di pasaran adalah PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x. Khusus buat slot ekspansi PCIe 8x dan PCIe 16x dipergunakan untuk memasang kartu VGA PCI Express, sedangkan buat slot ekspansi PCIe 1x dipakai untuk keperluan memasang peralatan-peralatan interface tambahan lainnya. Ciri-ciri slot ekspansi PCIe bus ini adalah bahwa bentuknya merupakan kebalikan dari slot ekspansi PCI biasa sebelumnya

Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

Jenis Memory VGA


DRAM (Dynamic RAM)

DRAM (Dynamic RAM) adalah VGA card yang banyak digunakan pada kartu grafik 8 bit, 16 bit dan 32 bit yang memiliki kecepatan 80ns atau 70ns (nanosecond). Penggunaan DRAM ini diperuntukan untuk komputer tingkat entry level dimana tidak membutuhkan kecepatan yang tinggi dan jumlah warna yang banyak.


EDO RAM (Extended Data Output)

EDO RAM (Extended Data Output) adalah jenis VGA card yang menggunakan memori EDO RAM dengan kapasitas kecepatan 60ns sampai 35ns, dan biasanya digunakan pada VGA card 64bit.


VRAM (Video RAM)

VRAM (Video RAM) adalah jenis VGA card yang menggunakan memori VRAM dengan kapasitas kecepatan berkisar antara 20ns dan 10ns yang dari kapasitas kecepatanya lebih unggul dari DRAM sehingga harganya pun jelas lebih mahal. Jenis VGA ini biasa digunakan pada pekerjaan desain grafis yang memerlukan kecepatan VGA card yang baik. Salah satu contoh VGA card yang menggunakan memori VRAM yaitu Diamond Stealth 64bit.


SGRAM (Syncrhronous Graphic RAM)

SGRAM (Syncrhronous Graphic RAM) adalah jenis VGA card yang menggunakan memori SGRAM dengan kapasitas kecepatan kurang dari 10ns. Jenis VGA ini merupakan jenis kartu grafik kelas atas yang mampu digunakan untuk 3D Accelerator. Salah satu contoh VGA card yang menggunakan memori SGRAM yaitu ATI Rage 3D Pro.


RDRAM (Rambus Dynamic RAM)

RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memori yang pertama kali dibuat pada tahun 1999 oleh perusahaan yang bernama Rambus. RDRAM mempunyai bandwidth yang menyamai kebutuhan bandwidth pada prosesor pentium 4 dan memiliki teknologi dual channel yang pertama kali diperkenalkan oleh RDRAM. Saat ini memori RDRAM tidak lagi digunakan pada komputer karena harganya yang mahal dan kini ada opsi lain yang mampu menyamai kemampuan RDRAM yaitu DDR/DDR2.


VGA card terbaik

  • Asus RoG Strix GeForce RTX 2070
  • MSI Gaming GeForce GTX 1070 Ti
  • MSI GeForce RTX 2080 Gaming X Trio
  • ZOTAC GeForce GTX 1080 Ti AMP Edition
  • Gigabyte Radeon RX 550 D5
  • Gigabyte GT 1030 OC
  • Radeon™ RX 560 Gaming OC 4G
  • Sapphire Nitro Radeon RX 580
  • MSI GeForce GTX 1050 Ti
  • Gigabyte GeForce GTX 1060 WINDFORCE OC

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai apa yang dimaksud dengan vga card, maka didapat kesimpulan bahwa vga ada di dalam sebuah komputer atau laptop dan merupakan singkatan dari Video Graphics Array dan biasa disebutvideo card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Vga card merupakan sebuah perangkat keras (hardware) dalam komputer dan merupakan standar grafis yang berungsi menerjemahkan dan mengolah data keluaran dalam komputer untuk menampilkannya ke monitor.


Jika kita hanya menggunakan komputer untuk kebutuhan standar seperti email dan mengetik atau tidak membutuhkan visual yang tinggi, kita cukup menggunakan VGA On-Board untuk menunjang kebutuhan tersebut. Namun jika kebutuhan dalam komputer kita ingin melakukan aktifitas berat seperti bermain game dengan resolusi tinggi, desain editing atau ingin menonton video dengan kualitas baik maka gunakanlah VGA Eksternal sesuai kebutuhan. Harga dan merk bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang kita inginkan.


Terimaksih dan semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar