-->

Pengertian motherboard, fungsi, contoh dan bagiannya


Pengertian motherboard

Apa itu motherboard ? pengertian motherboard adalah sebuah papan induk atau papan sirkut yang didalamnya menempel berbagai komponen elektronik saling terhubung dan bekerjasama seperti pada PC. Dalam pengertian motherboard jika kita translate ke bahasa indonesia yaitu Mother yang mempunyai arti ibu atau induk dan Board bearti papan (motherboard = papan induk). Motherboard juga biasa disingkat dan disebut dengan kata Mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat. 
Source : https://id.wikipedia.org/wiki/Papan_induk

Motherboard merupakan komponen utama pada sebuah perangkat komputer. Pada motherboard ini semua komponen perangkat komputer saling berhubungan dan menyatu satu sama lainnya dan bekerja sama dalam menjalankan sebuah perangkat komputer.

Fungsi Motherboard

Fungsi motherboard adalah pusat penghubung antara satu perangkat ke perangkat lainnya. Motherboard menyediakan tata letak terbaik untuk komponennya agar bisa saling berhubungan. Komponen komponen penting seperti CPU, RAM dan kartu grafis yang tertanam dalam perangkat komputer dapat dihubungkan dalam motherboard.

Motherboard atau papan induk ini dirancang dengan jalur yang berbeda beda, jalur tersebut berfungsi mentransfer data ke semua komponen pada sebuah perangkat komputer.
Motherboard akan mengalirkan daya kesemua komponen komponen yang tertanam sesuai dengan kebutuhannya di setiap bagian.

Fungsi motherboard juga adalah sebagai pusat komunikasi ke semua komponen pada perangkat komputer yang terhubung. Baik komponen yang terhubung langsung atau secara tidak langsung seperti printer mouse keyboard, hardisk dan lain lain yang dihubungkan melalui port atau socket yang ada pada motherboard.

Jenis Motherboard

Contoh jenis motherboard antara lain adalah sebagai berikut :
- Motherboard AT
- Motherboard ATX
- Motherboard Micro-ATX
- Motherboard LPX
- Motherboard BTX
- Motherboard Mini-ITX

Bagian bagian Motherboard

Pada motherboard terdapat komponen komponen seperti :

Socket CPU (Processor Socket)

Socket CPU (Processor Socket) adalah komponen dalam perangkat komputer sebagai konektor tunggal antara mikroprosessor dan motherboard. Socket tersebut memfasilitasi akses masuk ke CPU dan memiliki kunci untuk mencegah pergerakan pada CPU dan pada desiainnya membantu mengamankan pendingin diatas CPU.
Terdapat beberapa tipe socket untuk menancapkan prosesor, yaitu LIF socket model lama dengan singkatan dari Low Insertion Force. Dan socket ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor buatan Intel, AMD, atau Cyrix. Pada prosesor AMD menggunakan istilah sendiri yaitu socket A.

Konektor Daya (Power Connector)

Konektor Daya (Power Connector) adalah sebuah pin yang berfungsi menyambungkan motherboard dengan power supply pada casing di  sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga kita tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX

North bridge controller

North bridge controller biasa disebut juga memory controller hub (MCH). Intel adalah perusahaan pembuat chipset yang menggunakan nama sebutan MCH. Sedangkan AMD, VIA dan perusahaan lainnya lebih banyak menggunakan nama sebutan northbridge. Northbridge memiliki peran khusus yang sangat penting dalam suatu sistem motherboard yaitu menghubungkan prosesor ke sistem memori dan graphics controller melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan dan menangani komunikasi antara CPU, RAM, PCI Express, dan southbridge. Pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller.

South bridge controller

South bridge controller adalah bagian dari chipset yang berfungsi untuk mengatur kerja peripheral yang ada di komputer seperti IDE controller, ROM BIOS, keyboard, mouse, USB, LAN, Modem dan fungsi lainnya. South bridge controller pun sama seperti north bridge controller.

Socket Memori

Juga ada dua tipe socket memori yang kini beredar di masyarakat komputer. Memang ada juga socket terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang memakainya. Socket lama yang masih cukup populer adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yang kedua memiliki 168 pin modul, yang dirancang satu arah. Anda tidak mungkin memasangnya terbalik, karena galur di motherboard sudah disesuaikan dengan socket memori tipe DIMM.

Konektor Floppy dan IDE

Konektor ini menghubungkan motherboard dengan peranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan peranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan pirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave. Bagaimana menyambungkan pin dengan kabel? Mudah sekali. Pita kabel IDE memiliki tanda strip merah pada salah satu sisinya. Strip merah tersebut menandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1 di konektornya. Bila menancap terbalik, peranti yang terpasang tidak akan dikenali oleh komputer. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkan kabel floppy dengan pin di motherboard.

AGP 4X slot

Slot port penyelerasi gambar ini mensupport Kartu Grafis mode 3.3V/1.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D.

Standby Power LED

Lampu ini menyala jika terdapat standby power di motherboard. LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.

PCI slots

Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaran maksimum 133MB/s.

PS/2 Mouse Port

Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.
Port Paralel dan Serial
Pada tipe AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacammacam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga peranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port paralel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard, sehingga Anda tidak perlu menancapkan kabel-kabel yang merepotkan.

RJ-45 Port

Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.

Line in jack

Jack line in (biru muda) menghuungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadai bass/tengah.

Line out jack

jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadi speaker out depan.

Microphone jack

Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang.

USB Port

Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scenner, printer, mouse, keyboard, alat penyimpan data, flash disk, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer.

Video Graphics Adapter Port

Port 15-pin ini adalah untuk VGA monitor atau VGA perangkat lain yang kompatibel
Konektor keyboard
Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atau tipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2 punya, dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model AT.

Baterai CMOS

Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply
LihatTutupKomentar