-->

Apa itu DA dan PA dalam optimasi SEO

Apa itu da dan pa dalam optimasi seo? Saat kamu mulai belajar optimasi SEO maka kamu akan menemukan istilah DA dan PA. Namun apa arti dari istilah tersebut, DA adalah singkatan dari Domain Authority dan PA adalah singkatan dari Page Authority. Kebanyakan orang hanya menyebut singkatannya saja yaitu DA dan PA.

Pada postingan ini akan dijelaskan pengertian dari istilah DA dan PA dalam optimasi SEO serta mengulas apa kegunaan dari masing-masing istilah tersebut. Perlu pemahaman dulu tentang dasar sesuatu agar kita bisa mempelajarinya lebih dalam. 

Apa itu DA?

DA atau Domain Authority adalah sebuah metrik yang dibentuk oleh perusahaan konsultan dan penelitian SEO Moz. Mereka yang menghitung peluang website untuk memperoleh rangking di search engine. Otoritas yang sering dipakai pada metrik Moz yaitu untuk memvisualisasikan kemampuan relatif pada sebuah domain, yang mayoritas ditentukan oleh portofolio Backlink mereka.

Domain Authority dipakai menjadi sebuah ukuran perkiraan untuk PageRank atau rangking dihalaman pencarian, algoritma yang dimilik oleh Google-lah yang akan memainkan peranan khusus dalam menentukan hasil di search engine, Sebab banyak kerahasiaan di seputar PageRank itu sendiri. Metrik DA Moz secara luas dipandang seperti salah satunya alat faksi ke-3 terhebat untuk menilai kemampuan domain. 

Bagaimana hitungan Domain Authority?

Hitungan Domain Authority pada website menurut account Moz mempunyai lebih dari 40 aspek, itu seperti domain root dan jumlah keseluruhan link masuk. Website dengan sebagian besar backlink bermutu tinggi, seperti Wikipedia, mempunyai Domain Authority paling tinggi dan baik. Sedangkan website baru dengan sedikit atau tidak ada backlink umumnya mempunyai Domain Authority satu.

Rasio Domain Authority Moz mempunyai algoritma yang bermakna ketika Domain Authority kamu semakin tinggi maka akan lebih susah untuk meningkatkan score kekuatan domain kamu. Misalkan, tingkatkan Domain Authority kamu dari 70 jadi 80 lebih susah dibanding tingkatkan Domain Authority kamu dari 20 jadi 30.

Disamping itu, Domain Authority website kamu bisa turun apabila kamu tidak menjaga dengan baik backlink yang kamu miliki.

Cara meningkatkan Domain Authority website

  1. Audit link pada profil Kamu
  2. Buat content yang sangat menarik
  3. Hasilkan link bermutu tinggi

Audit link pada profil Kamu.

Google akan cenderung pilih link pada profil dari daftar seluruh Backlink website Kamu, terbagi dalam link dari bermacam situs-situs dengan kekuatan tinggi. Mesin pencarian akan menandai ini sebagai situs yang bisa dipercayai dan baik.

Alat SEO gratis seperti SEMrush, Backlink Checker dan Moz's Link Explorer juga bisa menolong Kamu menghitung kesehatan link pada profil Kamu. Dan Alat Penolak Google pun bisa menolong Kamu perkuat link pada profil Kamu dengan meniadakan link jelek atau mungkin link yang tidak diharapkan dari website Kamu.

Buat content yang sangat menarik.

Algoritma mesin penelusuran Google memberikan rangking content Kamu berdasarkan metrik keterkaitan , seperti traffic keseluruhan, traffic organik, traffic langsung dll. Traffic yang membuat pengunjung ingin kembali berkunjung ke website kamu karena konten yang sangat menarik itu.

Hasilkan link bermutu tinggi.

Dapatkanlah backlink masuk bermutu tinggi dan berkualitas baik dari website dan halaman dengan score otoritas tinggi karena itu penting untuk tingkatkan Domain Authority kamu. Sebagai contoh kamu bisa gunakan istilah sistem pencakar langit, itu adalah praktek SEO di mana Kamu mendapati content yang berperingkat bagus untuk keyword yang kamu kamu ingin ranking . Bila content kompetitor tempati rangking nomor satu, mereka akan mempunyai banyak Backlink. Selanjutnya, Kamu membuat content yang lebih bagus dibanding posting rangking paling atas lalu tautkan link postingan kamu pada pesaing kompetitor itu.


LihatTutupKomentar