-->

Pengertian Jaringan Komputer, macam, Fungsi, tipe topologi lengkap

IT-BANANA - Sudah pernahkah Anda berpikiran, bagaimana satu komputer bisa berhubungan dengan komputer yang lain? dan bagaimana Anda dapat terhubung dan mengambil bermacam macam file dari server website yang berada di negara atau bahkan juga benua yang lain? Semuanya bisa berlangsung karena adanya jaringan komputer. Secara singkat jaringan komputer ialah sebuah mekanisme jaringan yang berfungsi untuk membantu komputer satu dengan yang lainnya untuk sama-sama berhubungan, baik itu dalam rasio lokal atau global.


Dalam artikel ini kita akan mengulas tentang Jarkom secara lengkapnya. Dimulai dari apakah itu pengertian jaringan komputer, macam macam perangkat sampai beragam perangkat yang dipakai dalam membuat satu jaringan komputer.


Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan komputer ialah satu mekanisme jaringan yang dipakai oleh komputer untuk sama-sama melakukan komunikasi. Hubungan antar komputer berlangsung lewat transisi data. Komputer yang meminta dan menerima pelayanan data adalah yang dimaksud dengan klien, dan komputer yang memberinya data dan berkirim service adalah yang dimaksud dengan server.


Mekanisme client-server sekarang ini dipakai di sebagian besar mode jaringan, dimulai dari jaringan lokal dalam sebuah area sampai jaringan lintas negara. Lewat jaringan komputer, data bisa dialokasikan dengan ringkas dan cepat dari 1 komputer ke komputer lain.


Dalam pengertian lain Jaringan komputer ialah mekanisme yang terbagi dalam kelompok komputer dan piranti-perangkat yang lain dan sama-sama tersambung untuk membagikan sumber daya atau bertukar data.

 

Bisa disimpulkan Pengertian Jaringan Komputer ialah beberapa kumpulan komputer yang sama-sama tersambung lewat tempat transmisi untuk lakukan transisi data atau berbagi sumber daya.


Fungsi Jaringan Komputer

Jaringan komputer benar-benar diperlukan untuk mendukung bermacam kepentingan. Dimulai dari pemakaian individu, lembaga lokal seperti sekolah dan rumah sakit, sampai perusahaan multinasional, semua memerlukan jaringan buat memberikan dukungan aktivitas operasional. Beberapa fungsi jaringan bisa Anda saksikan pada daftar dibawah berikut ini.


Fungsi jaringan komputer untuk Share Data

Dokumentasi adalah bagian operasional yang paling penting di semua lembaga. Untuk mengoptimalkan keproduktifan, pengerjaan dan pengantaran dokumen antar seksi pasti harus dikerjakan se-efisien mungkin.


Disinilah jaringan komputer akan mengambil peranan penting. Dengan memakai jaringan, Staf yang bekerja di lantai lantai dasar dapat mengirim file ke Staf lain misal di lantai 5 hanya dengan dalam hitungan detik saja. Tanpa ada jaringan, pikirkan seberapa banyak waktu yang akan terbuang cuman untuk mengirim satu dokumen saja.


Fungsi jaringan komputer untuk menjaga kerahasiaan data

Baik pribadi atau organisasi, semuanya tentu mempunyai beberapa data rahasia yang perlu dijaga secara baik. Kebocoran beberapa data rahasia akan memunculkan kerugian untuk pemiliknya.


Dengan jaringan komputer, proses pengangkutan data dapat dikerjakan dengan aman. Lewat jaringan lokal (LAN), Anda dapat bertukar beberapa data rahasia tiada cemas akan disadap atau diculik faksi luar.


Jika Anda perlu mengirim data itu lewat internet, Anda dapat manfaatkan bermacam feature keamanan jaringan komputer untuk melindungi data Anda supaya sampai ke tujuan dengan aman.


Fungsi jaringan komputer untuk Mempermudah Komunikasi

Komunikasi antar sektor sangatlah memastikan efektifitas kerja. Kecepatan komunikasi dapat diraih lewat komunikasi text, suara, sampai panggilan video pada semuanya yang memercayakan kualitas jaringan.


Dengan jaringan komputer, semua manager cabang yang berada di beberapa kota dapat sama-sama berbicara untuk menangani masalah yang ditemui perusahaan.


Barisan eksekutif juga dapat mengawasi keadaan perusahaan secara real time lewat beberapa data yang dapat dijangkau secara remote dan tak perlu hadir untuk datang langsung ke kantor. Satu kali lagi, semuanya berlangsung lewat komunikasi antar komputer pada suatu jaringan.


Fungsi jaringan komputer untuk Penyebaran Info

Jaringan komputer memungkinkannya siapa untuk membuat, menebarkan dan terhubung info terkini kapan saja dan dimana saja tiada terbatas jarak kota, negara dan benua.


Untuk lembaga dan perusahaan, kecepatan pada akses info sangat penting. Makin cepat dan komplet info didapat, makin banyak bahan penilaian dari bermacam pemikiran, makin matang dan logis juga keputusan yang akan diambil.


Fungsi jaringan komputer dalam Mengirit Ongkos

Tidak hanya kecepatan, jaringan komputer tingkatkan efektivitas ongkos. Coba Anda pikirkan, berapakah besar ongkos yang perlu dikeluarkan untuk mengirim dokumen penting ke luar pulau secara manual? Belum juga saat yang diperlukan untuk proses pengangkutan yang memercayakan bermacam model transportasi. Sudah pasti ini benar-benar tidak efektif.


Bandingkan dengan pemakaian jaringan komputer. Tiada perlu keluarkan banyak ongkos, beragam data dan info dapat dikirim ke mana saja cuman dalam perhitungan detik. Tingkat keamanannya juga semakin lebih tinggi sebab info dikirim berbentuk digital dan dijaga dengan beberapa susunan mekanisme keamanan.


Fungsi jaringan komputer untuk Menolong Rutinitas Penduduk

Bukan hanya bermanfaat untuk perusahaan dan organisasi, jaringan komputer bawa faedah besar untuk penduduk umum. Seluruh bagian keluarga dapat berbicara secara lancar meskipun domisili di daerah yang berbeda. Pedagang kecil dan UMKM dapat membuka beberapa informasi penting untuk meningkatkan usaha mereka.


Beberapa anak muda dapat mengikut bermacam pelatihan dan training online dan tutorial-tutorial berguna untuk meningkatkan bakat dan minat. Bermacam group dan komunitas juga bersebaran di internet untuk memuat beberapa orang yang mempunyai karier atau hoby yang sama.


Fungsi jaringan komputer sudah dirasa oleh seluruh orang dari semua susunan penduduk. Bila digunakan secara benar, tehnologi ini dapat benar-benar mendukung kehidupan dan mempermudah bermacam akivitas setiap hari.


Macam Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer terdiri dari beberapa macam. Kategorisasi jaringan juga dipastikan berdasar pada beberapa persyaratan seperti luas capaian, kegunaan, alat yang dipakai, dan lain-lain. Pengetahuan berkenaan beberapa jenis jaringan penting untuk tentukan model jaringan yang pas berdasar keperluan pemakai.


Macam-macam Jaringan Menurut Jangkauan Geografisnya

Menurut luas lingkupnya, jaringan komputer terdiri jadi tiga macam :

  • Local Area Network (LAN)
  • Metropolitan Area Network (MAN)
  • Wide Area Network (WAN)

Local Area Network (LAN) ialah tipe jaringan yang dipakai untuk kebutuhan individu atau organisasi kecil di mana semua komputer berada di satu posisi yang serupa. Luas cakupan satu jaringan LAN bisa mencapai 10 km. Jaringan ini umumnya dipakai untuk transisi data intern dan pemakaian piranti secara bersama seperti printer dan scanner.


Metropolitan Area Network (MAN) meliputi daerah yang lebih luas sampai 50 km dan menyambungkan banyak posisi sekaligus. Kabel fiber optic bisa menjadi kabel transmisi yang paling dihandalkan untuk model jaringan ini.


Wide Area Network (WAN) adalah tipe jaringan yang paling luas dengan lingkup geografisnya. Jaringan ini menyambungkan bermacam daerah di penjuru dunia. Model jaringan ini dipakai oleh organisasi yang telah berskala internasional. Satelit adalah alat transmisi khusus untuk model jaringan ini, meskipun banyak pula yang memercayakan kabel fiber optic lintas negara.


Macam-macam Jaringan Berdasar Manfaatnya

Bila disaksikan berdasarkan manfaatnya, jaringan komputer terdiri menjadi server-client dan peer-to-peer. Jaringan server-client akan memercayakan satu komputer yang dibentuk spesial menjadi server untuk layani request dari klien. Sedang komputer-komputer lain berperanan selaku klien yang minta data dari server.


Misalnya seperti komputer-komputer yang berada di supermarket. Ada komputer yang khusus dibentuk menjadi server untuk simpan beberapa data pemasaran. Sedang beberapa puluh komputer kasir yang lain berperanan selaku klien yang membaca data dari server.


Beda hal dengan jaringan peer-to-peer. Model jaringan ini memberi peranan yang serupa untuk semuanya komputer. Jadi, satu komputer dapat berperanan selaku server dan klien sekalian. Jaringan ini dipakai untuk mode operasional yang simpel dan pekerjaan-tugas umum seperti share file dan printer.


Macam-macam Jaringan Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi / Data

Berdasar pada distribusi data, jaringan komputer terdiri menjadi jaringan terpusat dan jaringan terbagi.

Jaringan terpusat ialah jaringan yang mempercayakan satu komputer menjadi server untuk simpan data. Sedangkan komputer-komputer lain cuman bertindak selaku mediator untuk simpan, memproses, dan membaca data di komputer server.


Bila diperlebar, jaringan terpusat bisa menjadi jaringan terbagi. Model jaringan ini terdiri dalam beberapa server dengan peranan dan kegunaan yang berbeda. Dengan begitu, data akan terbagi antar server dan dijangkau oleh klien-klien sesuai fungsinya.


Macam-macam Jaringan Berdasarkan Media Transmisinya

Sebelumnya, jaringan komputer cuman dibikin untuk rasio kecil dengan memercayakan media kabel. Jaringan kabel mewajibkan seluruh komputer tersambung ke piranti jaringan lewat kabel-kabel jaringan agar bisa sama-sama melakukan komunikasi. Oleh karena itu macam jaringan ini lebih sesuai dipakai untuk kepentingan lokal sebab akan menyulitkan bila harus menyambungkan kabel antar komputer yang memiliki jarak begitu jauh.


Bersamaan dengan perubahan zaman, jaringan komputer juga terus berevolusi sampai terbentuklah mekanisme jaringan tanpa ada kabel (nirkabel). Komunikasi antar komputer di satu jaringan nirkabel mengandalkan gelombang elektromagnetik. Adanya tehnologi nirkabel, jaringan juga bisa diperlebar sampai ke penjuru dunia seperti saat ini.


Macam-macam Jaringan Berdasar Topologi

Tipe jaringan komputer juga terdiri jadi beberapa macam, yakni :

  • Topologi Bus
  • Topologi Bintang atau star
  • Topologi Ring atau Cincin
  • Topologi Mesh
  • Topologi Pohon atau tree
  • Topologi Linier

Topologi Bus ialah model topologi yang banyak dipakai sampai saat ini. Tiap komputer disambungkan lewat kabel sepaksi di mana ke-2 ujungnya harus diakhiri dengan suatu terminator.


https://www.it-banana.com/

Masalah terbesar dari topologi ini ialah persoalan menghitung kesamaan kabel sepaksi. Pemakaian kabel yang tidak pas akan menghancurkan Network Interface Card (NIC) maka dari itu akan mengurangi performa jaringan.


Topologi Bintang memanfaatkan switch/hub untuk menyambungkan dan mengendalikan distribusi data. Jadi, kabel jaringan tidak tersambung antar komputer, tapi tersambung ke switch yang kerap disimbolkan ada di tengah-tengah hingga membuat bintang.


https://www.it-banana.com/


Keinginan dari klien akan dimuat di switch untuk dilanjutkan ke server. Dengan begitu, risiko tubrukan data bisa diperhitungkan oleh switch selaku pengontrol komunikasi antar komputer.


Topologi Ring atau Cincin dibentuk dengan menyambungkan satu komputer ke dua komputer lain. Bila dilukis secara melingkar, karena itu design topologi ini akan membuat satu lingkaran seperti cincin.


Tiap titiknya berperanan selaku penguat signal (repeater) hingga data yang dikirim bisa diterima secara utuh oleh komputer tujuan.


Topologi Mesh atau topologi jaring ialah model jaringan di mana tiap komputer tersambung langsung ke seluruh komputer pada sebuah jaringan. Tidak seperti topologi cincin, topologi mesh memungkinkannya komunikasi langsung antar dua komputer tanpa ada dimediatori oleh komputer lain.


Dengan demikian, transisi data akan bertambah lebih cepat. Disamping itu, kerusakan di salah satunya jalur tidak mengacaukan jalur lainnya.


Topologi Tree atau Pohon ialah kelompok dari beberapa topologi bintang yang digabungkan ke pada sebuah topologi bus. Misalnya seperti pada supermarket yang terbagi dalam beberapa topologi bintang seperti terminal pemasaran, terminal pembukuan, dan lain-lain.


Keseluruhannya, kelompok dari topologi bintang ini dibuat dengan topologi bus hingga membuat satu topologi pohon.


Topologi Linier kerap disebutkan dengan topologi bus beruntut. Model topologi ini lumayan sederhana dan irit ongkos dengan memercayakan satu kabel khusus untuk menyambungkan seluruh titik.


Peningkatan dan pembaruannya juga relatif gampang. Tetapi macam topologi ini cuman pas dipakai untuk rasio kecil yang terdiri tidak lebih dari 7 komputer, dan memerlukan tambahan repeater untuk transmisi data jarak jauh.


Jenis-jenis Perangkat Jaringan Komputer

Dalam membuat satu jaringan komputer, pasti diperlukan perangkat-perangkat khusus. Tiap macam jaringan memerlukan perangkat spesifik sesuai dengan keperluan operasional. Beberapa perangkat jaringan yang terbanyak dipakai, salah satunya :


Server

Server ialah komputer khusus yang dipakai menjadi penyuplai pelayanan. Dalam mekanisme client-server, peranan server sangat penting sebab harus melayani banyak klien secara berbarengan. Sebab pekerjaan yang berat itu suatu server harus ditunjang dengan detail hardware yang oke dan mekanisme operasi yang didesain spesial untuk komputer server.


Router

Router ialah piranti yang berperan selaku penyambung antar jaringan. Router benar-benar diperlukan untuk topologi yang kompleks dan terbagi dalam beberapa terminal. Adanya router, komputer-komputer masih bisa berhubungan walau ada di terminal yang lain.


Wireless Card

Wireless Card ialah piranti yang harus dipakai bila mau tersambung ke jaringan nirkabel. Komputer-komputer keluaran terkini umumnya telah memasangkan Wireless Card. Anda bisa juga menambah Wireless Card sendiri bila perangkat Anda belum diperlengkapi dengan piranti ini.


LAN Card

LAN Card ialah piranti untuk menyambungkan komputer ke jaringan lewat media kabel. Seluruh komputer yang tersebar sekarang ini sudah pasti diperlengkapi dengan LAN Card. Anda bisa juga menempatkan LAN Card tambahan dengan memakai slot ISA atau PCI Kilat yang ada di motherboard.


Switch

Switch ialah alat yang dipakai untuk menyambungkan beberapa komputer sekaligus. Seluruh komputer yang tersambung ke switch lewat kabel bisa sama-sama melakukan komunikasi. Tugas lain dari Switch untuk mengendalikan distribusi data dan menahan terjadinya data collision (tubrukan data).

LihatTutupKomentar