-->

Tutorial singkat cara memperbaiki flashdisk rusak, tidak terbaca atau terendam air

https://www.it-banana.com/


Tutorial Singkat - Flashdisk adalah media penyimpanan berbentuk benda yang memiliki ukuran kecil tetapi benar-benar bermanfaat pada zaman tehnologi saat ini. Dengan benda ini berukuran kecil ini, file seperti dokumen, foto, musik, video, program, dan lain lain dapat disimpan dengan mudah dan dapat dibawa kemana-mana. Bukan itu saja, flashdisk kerap dipakai untuk memindahkan file dari suatu komputer ke komputer yang lainnya mengguakan port usb. Dengan hadirnya flashdisk dapat mempermudah semua pekerjaan terkait data file penyimpanan dan sharing file.


Sekarang ini flashdisk berkembang makin hebat. Tehnologi penyimpanan data ini bisa ditemui dengan bermacam merek dan kemampuan besar ukuran kapasitas yang dapat dipakai. Harga dari flashdisk ini juga bervariasi, 


Umumnya makin besar kemampuan ukuran kapasitas flshdisk itu maka harganya akan makin mahal. Dengan kemampuan penyimpanan yang besar, sudah pasti akan makin banyak menampung file atau dokumen yang diperlukan.


Tetapi sayang, flashdisk itu rawan alami bermacam permasalahan, bila pemakaiannya tidak dijalankan secara  hati-hati. Dimulai dari keadaan flashdisk yang corrupt, tidak bisa dibaca di pc, sampai terkena air dan tidak dapat dipakai lagi.


Untuk seorang pemula, pasti ini jadi permasalahan yang cukup menggelisahkan dan tidak paham bagaimanakah cara melakukan perbaikan pada flashdisk tersebut. Tak perlu cemas jika flashdisk yang kamu gunakan tidak dapat dipakai, untuk kamu yang mengalami permasalahan kerusakan pada flashdisk maka dapat mencoba mengikuti cara-cara berikut ini sebagai langkah untuk memperbaiki flashdisk tersebut.


Memasang kembali Driver USB

Langkah memperbaiki flashdisk rusak yang pertama yaitu dengan memasang kembali driver USB. Cara ini dapat kamu kerjakan saat mengalami permasalahan flashdisk yang tidak bisa dibaca pada pc. Untuk itu coba lakukan instal ulang driver dengan ikuti cara-cara berikut :

  1. Sambungkan flashdisk pada computer atau netbook.
  2. Setelah itu buka Control Panel pada computer, lalu klik pilih menu Hardware and Sound.
  3. Selanjutnya, kamu pilih menu Driver Manager dan pilih Universal Serial Bus Controller.
  4. Klik menu dropdown dan cari piranti USB Mass Storage Device yang seharusnya terdapat sinyal peringatan berbentuk tanda seru warna kuning.
  5. Selanjutnya klik kanan dan pilih Uninstall.
  6. Terakhir, cabut flasdisk dan sambungkan kembali lagi pada computer atau netbook yang kamu gunakan.


Memakai Write Protected

Langkah memperbaiki flashdisk yang selanjutnya adalah dengan memakai White Protected. Langkah memperbaiki flashdisk dengan write protected ini membutuhkan menu command prompt atau CMD. Untuk langkah tersebut, cara yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buka menu Command Prompt atau CMD dengan cara klik start atau pada logo Windows, selanjutnya  ketik CMD atau Command Prompt.
  2. Kemudian akan tampil jendela Command Prompt, ketik perintah diskpart lalu enter. Jendela menu diskpart akan tampil.
  3. Selanjutnya, ketik list disk untuk lihat daftar tempat penyimpanan yang ada. Setelah itu ketik perintah Select Disk 3 (ini bergantung pada status flashdisk ditempatkan pada nomor berapakah di computer karena setiap pcr akan berbeda).
  4. Selanjutnya, ketik perintah attributes disk clear readonly. Kemudian klik clean, lalu create participation primary. Selanjutnya tulis perintah format fs=fat32 (fat32 dapat dirubah dengan ntfs). Usai lakukan hal itu, tinggal tulis exit lalu enter dan selesai.


Memakai HDD Low Level Format

Cara memperbaiki flashdisk rusak bisa juga dengan memakai HDD Low Level Format. Lewat langkah ini, flashdisk akan bertambah lebih gampang dibetulkan. Berikut langkah yang dapat kamu kerjakan :

  1. Sambungkan flashdisk pada computer atau netbook.
  2. Unduh software HDDGURU Low Level Format.
  3. Selanjutnya, instal program dengan cara click kanan pada sofware tersebut lalu pilih menu Run as Administrator.
  4. Tentukan USB lalu click menu Continue, dan selesai.
  5. Seterusnya kamu dapat lakukan format ulang flashdisk melalui langkah format seperti umumnya.


Langkah Memperbaiki Flasdisk yang Terkena Air

Jika kamu mengalami permasalahan flashdisk yang terkena air atau bahkan terjatuh kedalam air, tak perlu cemas. Permasalahan yang ini masih bisa diatasi secara baik hingga bisa menghindari flashdisk dari kerusakan. Hal yang perlu dikerjakan sudah pasti keringkan flashdisk yang basah karena terkena air tersebut sampai benar-benar kering.


Kamu dapat keringkan flashdisk dengan cara menjemur langsung di bawah sinar matahari sampai betul-betul kering atau ada yang melakukannya dengan cara disimpan di dalam beras. Sesudah dijamin keadaan flashdisk kering secara keseluruhan, kamu dapat selekasnya coba ke computer atau netbook. Umumnya sesudah dijemur sampai kering, flashdisk secara automatis bisa dipakai kembali lagi.


Sepanjang flashdisk masih pada kondisi basah, kamu jangan sesekali mencolokkannya ke computer atau netbook. Jika kamu memakainya, karena itu flashdisk akan rawan konslet dan akan alami kerusakan lantaran arus listrik. Kamu harus bersabar menanti sampai flashdisk betul-betul kering.


Bila seluruh dokumen masih disimpan dalam flashdisk, sangatlah dianjurkan untuk selekasnya mengubah beberapa dokumen penting itu pada computer atau flashdisk lain jika flasdisk tersebut sudah terbaca. Ini langkah untuk berjaga-jaga bila flashdisk kembali lagi rusak di waktu mendatang.


LihatTutupKomentar