-->

Apa itu topologi mesh? berikut penjelasan lengkapnya

Tutorial singkat ini menjelaskan tentang pengertian topologi jaringan mesh beserta ringkasan ciri-ciri, cara kerja sampai dengan kelebihan dan kekurangan topologi mesh. Simak penjelasan dari topologi mesh dibawah ini.



Pengertian topologi mesh

Apa itu topologi mesh? topologi mesh adalah topologi jaringan yang mempunyai bentuk seperti jala. Bentuk topologi mesh yang seperti jala itu mempunyai fungsi yaitu menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat komputer lainnya supaya dapat berkomunikasi dan erkirim data dalam sebuah jaringan.


Pada topologi mesh, tiap piranti yang ada dan terbentk bisa melakukan komunikasi langsung dengan piranti yang lain karena piranti tersebut akan sama-sama tersambung kemudian dikenali dengan istilah dedicated links. Komunikasi yang terikat pada topologi mesh atau topologi jala umumnya berjalan cepat dan bisa dipakai untuk membuat jaringan yang nilainya tidak besar atau jaringan dengan skala menengah.


Cara kerja topologi mesh

Untuk membuat topologi mesh, ada banyak penghitungan yang perlu kamu kerjakan. Cara tersebut memakai rumus n (n-1)/2. Misalkan terdapat 5 pc yang ada dalam satu jaringan topologi mesh, maka kabel yang dipakai untuk dapat membuat topologi mesh ialah 5(5-1)/2= 10 kabel jaringan. Pada topologi jala atau mesh ini setiap pc diwajibkan untuk mempunyai port input dan output dalam jumlah 5-1=4. Perhitungan rumus port bisa dihitung melalui langkah n-1.


Cara kerja dari topologi mesh atau topologi jala yaitu pada tiap node yang ada dalam jaringan tersebut akan sama-sama tersambung oleh pemakaian kabel langsung ke node tujuan. Hingga data yang terkirim itu dapat diterima langsung ke arah node tujuan. maka dari itu data yang terkirim pada jaringan dengan topologi mesh dapat diterima secara cepat dan tidak melalui node lain yang ada pada jaringan tersebut.


Gambar topologi mesh

https://www.it-banana.com/


Ciri-ciri topologi mesh

  • Piranti yang ada dalam jaringan akan sama-sama tersambung langsung
  • Kabel yang dipakai untuk melakukan komunikasi langsung dengan node yang lain dalam jaringan tersebut lumayan banyak
  • Pada tiap node, minimal terdapat 2 atau lebih port input dan output
  • Komposisi dalam tiap node akan tidak sama dalam melakukan komunikasi


Jenis topologi mesh

1. Topologi Mesh Fully Connected

Topologi Mesh Fully Connected memiliki ciri-ciri khusus di mana tiap pc dalam jaringan tersebut sama-sama tersambung dikeduanya secara penuh. Contoh bila ada 5 pc dalam jaringan topologi mesh, karena itu satu pc akan tersambung juga ke 4 pc yang lain.


2. Topologi mesh partial connected

Topologi mesh tipe ini mempunyai ciri-ciri yakni tiap pc dalam jaringan itu tidak seluruhnya perangkat akan tersambung dengan pc yang lain, hingga ada sejumlah pc yang sama-sama tersambung dikeduanya dan beberapa pc tidak tersambung.


Kelebihan dan kekurangan topologi mesh

Kelebihan topologi mesh

  • Topologi mesh memiliki interaksi yaitu dedicated link, dengan demikian bisa memastikan bila data akan segera dikirim ke pc yang dimaksud tanpa melalui pc yang lain. Hingga data yang dikirim menjadi cepat sampai.
  • Tidak mengganggu jaringan lain jika terdapat masalah di salah satu pc.
  • Pada topologi mesh, security dan privasi bisa terjaga dengan baik karena komunikasi yang terikat antara ke-2 pc secara langsung.
  • Termasuk gampang dalam maintenance jika terdapat kerusakan di slah satu jaringan.


Kekurangan topologi mesh

  • Memerlukan banyak kabel dan perangkat input/output
  • Susah saat mengerjakan instalasi dan konfigurasi, karena tiap pc harus tersambung secara langsung.
  • Kondisi kabel yang banyak menyebabkan tidak efisien nya sebuah jaringan
  • Ongkos yang dibutuhkan untuk perawatan topologi jaringan ini bisa lebih banyak dibanding topologi lain


Contoh topologi mesh

Topologi mesh umumnya bisa kamu temui pada ISP (Internet Servis Provider).


Demikian tutorial singkat mengenai apa itu topologi mesh beserta penjelasannya. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca dan berguna. Terimakasih.

LihatTutupKomentar