-->

Tutorial singkat cara memperbaiki bluescreen Attempted Write To Read only Memory

https://www.it-banana.com/


BSOD Attempted Write To Read only Memory bisa saja kamu temukan pada bluescreen pada komputer kamu dengan kode error (stop code 0X000000BE). Hal yang menyebabkannya kebanyakan adalah oleh kesalahan driver atau service.


Pada kali ini Tutorial Singkat (TS) akan meringkas cara memperbaiki bluescreen dengan keterangan error Attempted Write To Read only Memory (stop code 0X000000BE). Penyebab dan cara mengatasi dari permasalahan tersebut akan coba dijelaskan pada artikel ini.


Penyebab error BSOD Attempted Write To Read only Memory

Penyebab bluescreen dengan kode kesalahan 0X000000BE diataranya adalah sebagai berikut :

  • Kesalahan dari driver atau service
  • Firmware yang tidak kompatibel
  • Kesalahan dari sistem memori
  • Terdapat virus yang merusak sistem


Cara memperbaiki BSOD Attempted Write To Read only Memory


1. Reinstal driver atau hapus driver

Kemungkinan yang sering menyebabkan error bluescreen ini terjadi adalah driver pada komputer kamu yang di instal tidak sesuai atau tidak kompatibel dengan OS yang kamu pakai. Driver yang tidak sesuai akan mengakibatkan BSOD ini terjadi.


Jika kamu baru saja menginstal driver pada komputer, maka cobalah untuk menghapus dulu driver tersebut. Lalu setelah itu coba restart komputer kamu untuk cek apakah error BSOD tersebut sudah teratasi atau belum. Jika kamu yakin dengan driver yang kamu instalkan adalah memang untuk OS kamu maka coba reinstal driver tersebut kemudian restart komputer.


2. Lakukan repair komputer

Untuk merepair komputer yang sedang dalam keadaan BSOD, maka kamu harus mask kedalam safe mode terlebih dahulu. Setiap perangkat komputer biasanya berbeda-beda untuk masuk kedalam safe mode. Jika menggunakan windows 7, biasanya tekan F8 pada keyboard berulang-ulang saat komputer dinyalakan. Untuk yang menggunakan windows 10, klik Start - Setting - Update & SecurityRecovery - Advanced Startup - lalu pilih restart now. Setelah itu masuk menu startup setting dan pilih menu Enable Safe mode.



Setelah masuk kedalam tampilan safe mode, langkah selanjutnya adalah masuk Command Prompt (CMD) menggunakan run as administrator degan cara klik start - ketik cmd - klik kanan pada cmd lalu pilih run as administrator. Setelah muncul jendela cmd maka ketikan perintah sfc /scannow lalu enter. Tunggu sampai prosesnya beres lalu restart komputer. Cara ini bertujuan untuk memperbaiki jika ada file sistem yang corrupt atau rusak.



3. Lakukan tes memory diagnostics

Cara ini dijalankan sama seperti cara diatas yaitu melalui safe mode. Untuk melakukan tes memori yaitu dengan cara klik start - ketik run - klik kanan pada run lalu pilih run as administrator, setelah terbuka jendela run maka ketik perintah mdsched.exe kemudian OK atau enter.



Jendela Windows Memory Diagnostic akan terbuka lalu pilih Restart now untuk mengecek permasalahan pada memory komputer kamu. Jika tidak ada yang terdeteksi kemungkinan masalah BSOD bukan disebabkan oleh memory komputer kamu.


4. Menggunakan Sistem restore

Sistem restore bisa juga digunakan untuk memperbaiki masalah BSOD Attempted Write To Read only Memory. Dengan menggunakan system restore kamu bisa rollback ke pengaturan sebelum terjadinya error BSOD tersebut.



Demikian Tutorial Singkat meringkas cara memperbaiki bluescreen Attempted Write To Read only Memory dengan kode kode kesalahan 0X000000BE yang bisa terjadi baik pada windows 7 ataupun windows 10. Semoga cara diatas dapat mengatasi permasalahan tentang BSOD yang sedang kamu alami. Terimakasih. 

LihatTutupKomentar