-->

Tutorial singkat cara membuat restor poin windows

https://www.it-banana.com/


Restore point windows 10 dan restore point windows 7 itu tidak ada perbedaan cara membuatnya. Jadi kamu bisa mengikuti panduan Tutorial Singkat ini untuk cara membuat dan mengaktifkan restor poin di windows yang kamu gunakan.


Pertama, System Restore adalah feature yang berada di Windows yang berperan untuk kembalikan Windows ke satu titik atau tanggal spesifik. System Restore bisa dicontohkan selaku feature "Undo / kembali" pada mekanisme Windows. Misalkan saja kamu memperbaharui Windows, tetapi update itu malah membuat computer kamu error. kamu bisa memakai System Restore untuk meng-"undo" update itu, atau mengembalikan ke sebelum update.


Dalam System Restore, ada arti restore point. Restore point ini adalah tanggal dan jam spesifik di mana System Restore simpan file dan seting computer kamu. Restore Point ini bisa disetarakan dengan "checkpoint" dari computer kamu. System Restore bisa membuat restore point secara automatis, tetapi kamu dapat membuat secara manual.


Dampak System Restore pada Sistem Windows

System Restore dapat kembalikan sebagian besar file mekanisme Windows, misalkan driver, Windows update, dan registry. Jika kamu tidak menyengaja meniadakan file spesifik di folder Windows, atau mengutak-atik registry hingga hancur, kamu bisa memakai System Restore ini untuk kembalikan file mekanisme dan registry ke keadaan awalnya. Jika ada update (baik Windows update atau update program) sesudah restore point paling akhir, karena itu update terkini itu akan dihapus dan akan ditukar dengan versi awalnya.


Dampak System Restore pada Program

Program yang telah ada semenjak saat sebelum restore point dibikin tetap utuh. Saat itu, program yang diinstal sesudah restore point akan diuninstall. Kebalikannya, program yang diuninstall sesudah restore point akan dibalikkan/ direstore. Tetapi, dikarenakan System Restore cuman kembalikan type file spesifik, kemungkinan besar jika program yang direstore tidak bisa berjalan normal karena ada file yang kurang. Oleh karenanya, kamu dianjurkan untuk lakukan install ulang pada program yang direstore itu.


Cara membuat restor poin windows

Ada beberapa cara untuk masuk ke menu restore point.

  1. Klik start lalu ketik restore point kemudian pilih create restore point
  2. Pada my computer / this pc, klik kanan lalu properties kemudian pilih system protection
  3. Masuk control panel, pilih system and security lalu pilih system kemudian system protection


Setelah terbuka jendela menu restore poin, lihat menu pada drive, jika masih off bearti kamu harus aktifkan dan nyalakan terlebih dahulu dengan cara klik Configure, Turn On, kemudian OK



Setelah on dan menyala, klik Create lalu beri nama titik restore point kamu, lalu klik Create




Setelah itu Klik OK dan selesai


Kamu sudah mempunyai titik restore point, untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu, kamu bisa mengembalikan settingan ke tanggal saat kamu membuat restore point. Demikian tutorial singkat cara membuat restor poin windows. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

LihatTutupKomentar