-->

Rahasia menghindari virus dan malware agar tidak bersarang di komputer

https://it-banana.com


Netbook, laptop atau komputer anda rentan terserang virus? atau mungkin terserang malware yang buat error bahkan hilangnya data? Kemungkinan anda belum kerjakan langkah ini. Langkah ini termasuk baik buat saya, sebab hingga saat ini komputer yang saya gunakan dengan sistem operasi windows 10 belum pernah mengalami masalah error serius atau sampai harus instal ulang.


Untuk itu saya berbagi rahasia untuk menghindari virus dan malware bersarang di komputer. Tipsnya adalah kenali dulu pengertian virus dan malware, setelah itu kerjakan langkah untuk menghindari virus dan malware tersebut.


apakah itu virus di dalam istilah komputer? Virus komputer merupakan program yang dibentuk oleh manusia kemudian disetting sedemikian rupa untuk dapat meng-copy atau menduplikasikan dirinya tersebut secara tidak terbatas. Virus pada komputer dapat melekat dan menyusup pada program aplikasi atau dokumen. Virus komputer umumnya memiliki sifat menduplikasikan dirinya sendiri jika dibuka atau kita click. Virus dapat memiliki sifat untuk membuat penggunanya kesulitan untuk mengakses sesuatu pada perangkat komputernya, kadang kala virus membuat sistem error, aplikasi hilang, menduplikasi dokumen atau bahkan merusak sistem komputer itu sendiri.


Selanjutnya, apa itu malware? malware merupakan satu program yang dibentuk oleh manusia untuk maksud dan tujuan tertentu, biasanya memiliki sifat mencuri data yang terdapat pada komputer yang berhasil disusupi. Istilah malware berasal dari kata "malicious" yang mempunyai arti "jahat". Untuk itu kita harus sangat berhati-hati jika anda sampai terserang malware ini. Sebagian kasus komputer yang tersusupi malware semua datanya terenkripsi atau terkunci bahkan ada yang mengeluarkan notifikasi untuk meminta uang berbentuk bitcoin dan dikirimkan ke alamat tertentu (alamat si pembuat malware), dengan iming-iming akan mengembalikan semua data jika sudah transfer. Ini akan sangat bermasalah ketika data-data yang terserang malware adalah data yang sangat penting.


Terdapat tiga rahasia cara yang saya gunakan untuk membuat komputer nampak sehat dan tidak ada masalah. Simak penjelasannya sebagai berikut : 


Langkah dan kunci pertama adalah Firewall

Langkah yang saya kerjakan ialah memproteksi komputer dengan sistem operasi windows 10 yang saya miiki dengan firewall. Jadi anjuran saya adalah selalu hidupkan atau aktifkan firewall pada komputer yang anda gunakan. Ini mempunyai tujuan supaya bila ada program aplikasi mencurigakan dan terbaca oleh firewall maka tidak langsung masuk ke dalam sistem komputer kita. Seperti namanya firewall ialah dinding api, di mana bila ada suatu hal yang sangat beresiko maka akan tertahan di dinding api (Firewall) ini. Minimal virus dan malware tidak mudah masuk ke komputer yang anda miliki.


Sebagai contoh jika ada orang jahat mencoba masuk rumah anda, maka orang jahat tersebut harus membobol pintu, jendela atau mungkin juga dinding untuk masuk ke rumah. Tidak akan gampang rumah anda tersusupi orang jahat jika semuanya dalam keadaan tertutup / terkunci. Lain hal jika anda membiarkan pintu atau jendela anda dalam keadaan terbuka, maka orang jahat tersebut sangat mudah masuk dan mengambil barang berharga anda. Orang jahat ibaratkan malware, pintu jendela dan dinding ibaratkan firewall kemudian barang berharga ibaratkan file data penting anda. Dari contoh tersebut kita bisa ambil kesimpulan seberapa pentingnya firewall.


Langkah kedua adalah Windows Defender

Meskipun kita sudah mengaktifkan firewall namun bisa saja virus dan malware dapat masuk ke komputer. Bisa disengaja atau tidak. Sebab virus dan malware terkadang dapat menipu, seperti contoh saat anda ingin unduh lagu dari internet. Kemudian yang di unduh malahan virus dan malware. Itu ibaratkan membukakan pintu untuk orang jahat. Kunci selanjutnya ialah aktifkan windows defender, untuk saya individu windows defender merupakan anti virus bawaan dari operating sistem, di mana kita dapat scan seandainya kemungkinan ada virus atau malware yang bersarang dikomputer.


Hal yang terberat ialah bila pc anda telah terkuasai oleh virus dan malware. Kemungkinan beberapa program tidak bisa dibuka, file hancur, banyak data asing yang anda tidak kenali, yang mendadak tampil dan kemungkinan sebagian orang tidak ingin pusing dan lakukan install ulang. Tetapi perlu digaris bawahi bila anda lakukan install ulang, yakinkan data anda bersih dari virus dan malware. Sebab jadi hal yang sia-sia kalau sudah install ulang tetapi pada data anda masih bersarang virus dan malware.


Rahasia kunci tidak pernah instal ulang adalah Sistem Recovery

System recovery akan membackup file dan settingan komputer, dan bisa dijalankan sesuai dengan restore point yang telah dibuat. Jadi rajin-rajinlah membuat restore point dalam keadaan komputer anda sehat, jika suatu saat terdapat masalah pada komputer anda, maka anda tinggal mengembalikan semua file dan settingan pada titik restore point saat komputer anda sehat. 


Contoh langkah yang saya gunakan ialah setiap tiga hari sekali saya membuat restore poin di komputer. Maka bila terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan, saya dapat kembalikan penataan sistem sekurang-kurangnya ke tiga hari lalu. Di mana saat saya membuat restore point, komputer saya pada kondisi betul-betul sehat. Jadi kalau satu saat sakit, dapat dibalikkan jadi sehat. Cara membuat restore point anda bisa baca di blog Tutoral Singkat.


Demikian rahasia menghindari virus dan malware bersarang di komputer dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia pada operating system yang anda gunakan. Yaitu mengaktifkan firewall dan windows defender serta rajin membuat restore point. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca, terimakasih.

LihatTutupKomentar