-->

Penjelasan singkat apa itu topologi pohon

https://www.it-banana.com/


Pengertian Topologi Pohon atau Tree

Apa itu topologi pohon? Topologi pohon atau sering dikenal dengan topologi tree adalah kombinasi dari topologi bintang dengan topologi bus. Dari kombinasi kedua topologi tersebut dalam satu jaringan, dimana keduanya jadi kelompok dari topologi bintang yang sudah disambungkan pada topologi bus. Hingga untuk tiap client akan digolongkan pada suatu barisan untuk jadikan sebagai pusat komunikasi. hal ini ibarat susunan pada jaringan topologi bintang.


Tiap pusat komunikasi yang ada selanjutnya akan disambungkan pada pusat komunikasi lainnya, cukup hanya memakai sebuah kabel khusus, misalkan seperti topologi bus. Pada topologi pohon digunakan kabel dengan konektor RJ45, lantaran topologi ini memakai switch hub.


Disebut topologi pohon karena bentuk gabungan dari topologi start dan topologi bus ini menyerupai pohon. Berbentuk seperti pohon karena mempunyai ranting dan cabang. Untuk tiap cabang itu memiliki hirarki yang semakin lebih tinggi dibanding dari peringkat, hingga jaringan topologi pohon atau topologi tree ini mempunyai kelas jaringan dengan hirarki yang semakin tinggi. Hierarki jaringan ini dapat mengubah sekalian mengatur jaringan yang berada di bawahnya. Perihal ini pula yang membuat topologi pohon sering dipakai untuk lakukan interkoneksi pada sentra hierarki yang lain.


Kelebihan dan Kekurangan topologi pohon


Kelebihan Topologi pohon

  • Mempunyai jaringan yang semakin besar

Bila dibanding dengan tipe jaringan yang lain, karena itu topologi pohon ini akan condong semakin besar. Dilain hal, untuk topologi bintang dan topologi bus ini tidak pas jika dipakai pada rasio di semua jaringan. Dan topologi ini akan membagi semua jaringan di bagian yang lebih gampang untuk ditata.


  • Memiliki akses segera

Topologi pohon ini yakni memiliki proses langsung pada switch hub pusat atau jaringan. Untuk jaringan yang semacam ini semakin lebih memungkinnya dari beberapa piranti pada jaringan yang disambungkan ke switch hub pusat.


  • Mempunyai kebatasan titik

Topologi pohon memiliki kebatasan yang dilaksanakan di titik jaringan atau kebatasan dari traffic tayangan, hingga untuk topologi pohon ini akan menangani semua kebatasan yang terjadi pada topologi jaringan bintang yang diinduksi pada topologi jaringan bus. Disamping itu pada topologi pohon ini sudah sediakan ruangan yang cukup buat melakukan ekspansi pada jaringan di hari esok.


  • Mempunyai manajemen data yang bagus

Beberapa ciri topologi tree yakni mempunyai manajemen data yang bagus dan gampang untuk ditingkatkan agar menjadi jaringan yang lebih luas. Disamping itu untuk mengetahui kerusakan atau kekeliruan bisa juga dijalankan dengan yang lebih gampang.


Kekurangan Topologi Tree

  • Bisa melumpuhkan semua jaringan

Jaringan keseluruhannya dapat lumpuh jika berlangsungnya kerusakan pada kabel inti seperti data cable trunk atau switchub hub pusat. Sementara untuk semua jaringan ini akan mempunyai keterikatan pada sebuah hub pusat yakni titik liabilitas pada topologi.


  • Pengendalian kontrol sulit

Untuk pengendalian jaringan topologi pohon ini termasuk lebih ruwet dan susah, khususnya dari sisi penambahan ukuran di luar node. Ini juga punya pengaruh pada performa yang makin melamban. Walau sebenarnya untuk topologi ini mempunyai peranan yang penting.


  • Ongkos yang dikeluarkan semakin banyak

Untuk ongkos yang dikeluarkan dalam membuat jaringan topologi pohon ini lumayan banyak. Karena untuk jumlah kabel atau hub lebih condong semakin banyak. Apalagi jika computer yang ada di tingkat paling tinggi mengalami permasalahan, karena itu untuk computer di bawahnya akan alami permasalahan.


  • Mempunyai komposisi dan perawatan yang susah

Untuk topologi pohon ini mempunyai komposisi dan perawatan yang termasuk lebih susah dilaksanakan. Ini karena jumlahnya perancangan yang ada pada node. Disamping itu untuk penempatan kabel pada jaringan pohon condong lebih susah bila dibanding pada topologi tipe yang lain.


Untuk tiap klien yang ada pada satu barisan kita sama-sama terkait dengan client yang lain. Walau ada pada barisan yang lain, namun untuk nanti dikirim dan lewat sebuah simpul pusat lebih dulu. Hingga ini terjadi pada topologi tree saat sebelum klien menerimanya. Tulang punggung pada topologi pohon ini ialah topologi bis.


Demikian penjelasan singkat tentang apa itu topologi pohon (tree), semoga dapat menambah pengetahuan kamu dalam topologi jaringan komputer. Terimakasih

LihatTutupKomentar