-->

Cara membuat restore point dan cara menggunakannya

restore point, system recovery, system restore, windows 10,


Pernahkah anda mengalami error pada komputer yang anda gunakan? Atau komputer terkena virus ganas yang memakan semua system? Juga ada beberapa yang gagal update windows sampai komputer tidak bisa digunakan.


Sekian banyaknya error komputer seperti kesalahan install driver, registry yang rusak, software bermasalah, terinfeksi virus atau hal lainnya yang mengganggu aktifitas anda dalam menggunakan komputer. Maka anda perlu melakukan langkah cerdas sebelum hal itu terjadi dan untuk menjaga komputer yang anda gunakan dari hal-hal yang tidak di inginkan.


Cara untuk menjaga komputer sangatlah mudah untuk dipraktekan dan semua orang bisa menggunakan cara ini untuk menjaga komputernya. Cara untuk menjaga komputer yaitu dengan membuat restore point.


Apa itu restore point? 

Windows menyediakan menu yaitu System Restore yang berfungsi untuk mengembalikan konfigurasi system windows ke titik tertentu yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk menjalankan system restore tersebut anda harus membuat titik waktu yang bernama restore point.


Sebagai contoh jika anda membuat restore point windows pada tanggal 1, kemudian pada tanggal 3 komputer anda mengalami error. Maka anda bisa menjalankan system restore dan memanggil tanggal 1 tersebut untuk mengembalikan keadaan komputer sesuai restore point yang anda buat sebelumnya. Setelah itu maka settingan komputer akan kembali ke tanggal 1, waktu sebelum komputer mengalami error.


Tips membuat restore point adalah pada saat keadaan komputer normal dan sehat. Jadi jika terdapat kesalahan windows error dikemudian hari maka anda bisa memanggil titik waktu saat komputer dalam keaadaan sehat.


Cara ini cukup efektif untuk menjaga komputer anda karena anda tidak perlu mencari satu persatu permasalahan jika terjadi error. Cukup memanggil titik restore point maka error yang sedang dialami tidak akan membuat anda stress. Komputer akan kembali normal saat titik restore point dipanggil.


Lalu bagaimana cara membuat restore point tersebut?


Cara membuat restore point

  1. Klik Start lalu ketik kata “restore” setelah itu pilih Create a restore point
  2. Maka jendela system properties akan terbuka. Klik drive yang akan di amankan lalu klik Configure
  3. Klik Turn on system protection dan pilih maximal kapasitas yang akan digunakan, Lalu kik OK
  4. Kemudian klik Create lalu isi nama (bisa di isi tanggal sekarang / bebas), Klik Create jika sudah
  5. Klik OK untuk menutup system properties dan restore point pun berhasil di buat


Jika suatu saat komputer anda bermasalah maka anda tinggal buka restore point tersebut lalu pilih system restore. Maka titik restore point yang di buat akan muncul disana. Selanjutnya anda tinggal memilih nama restore point lalu klik next sampai finish.


Cukup mudah kan untuk menjaga komputer anda dari sesuatu yang tidak di inginkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar